Simak! Optimisme Ekonomi Nasional di Tengah Dinamika Global

Jakarta, CNBC Indonesia РTahun 2023 akan habis dalam beberapa hitungan hari lagi. Sepanjang 2023, Indonesia masih menunjukkan kekuatannya dalam menjaga pertumbuhan ekonomi di tengah ketidakpastian global. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan III-2023 tetap tumbuh kuat sebesar 4,94% (yoy).

Pertumbuhan ekonomi yang tetap kuat didukung oleh permintaan domestik yang solid. Konsumsi rumah tangga tumbuh sebesar 5,06% (yoy), seiring dengan kenaikan mobilitas yang terus berlanjut, daya beli masyarakat yang stabil, serta keyakinan konsumen yang masih tingg

Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi 2023 diprediksi tetap pada kisaran 4,5-5,3%. Lalu bagaimana dengan ekonomi 2024?

Untuk membahas lebih lanjut mengenai outlook perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024 dengan tema “Optimisme Penguatan Ekonomi Nasional di Tengah Dinamika Global”. Acara ini akan berlangsung pada Jumat, 22 Desember 2023, pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Acara ini akan menghadirkan Presiden Joko Widodo yang akan menyampaikan keynote speech serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang akan memberikan Opening Speech. Selain itu akan menghadirkan juga para panelis dari berbagai latar belakang. Adapun para panelis akan terbagi ke dalam dua sesi.

Diksusi panel 1 mengangkat tema “Strategi Kebijakan untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan”. Para panelis dalam diskusi ini antara lain Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo, President of Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) Prof. Tetsuya Watanabe, dan Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro.

Sementara diskusi panel 2 mengangkat tema “Sinergi Kebijakan Fiskal, Moneter, dan Sektor Keuangan Untuk Menjaga Ketahanan Ekonomi Indonesia di Tengah Dinamika Global”. Para panelis yang akan hadir di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar, dan Ekonom Senior Chatib Basri.

Adapun acara ini akan ditayangkan secara live di CNBC Indonesia TV dan streaming di CNBCIndonesia.com. https://fokuslahlagi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*