Intip Enam Calon Emiten Penghuni Baru BEI Diawal Tahun 2024

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Bursa Efek Indonesia telah merilis enam emiten calon penghuni bursa saham Indonesia pada 2024.

Pada awal tahun, investor akan disuguhkan enam emiten baru yang akan melakukan Initial Public Offering (IPO). Enam emiten tersebut memiliki latar belakang dan bisnis yang berbeda-beda.

Berikut daftar emiten calon penghuni baru di Bursa Efek Indonesia yang akan rilis pada awal Januari 2024.

1. PT Asri Karya Lestari Tbk (ASLI)

PT Asri Karya Lestari adalah perusahaan merupakan Perusahaan Nasional yang bergerak di bidang General Kontraktor. Berpengalaman dalam proyek pembangunan di Indonesia khususnya dalam pekerjaan pondasi, erection, bekisting, dan pekerjaan jalan. Dengan menerapkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin maju dan berkembang.

Perseroan telah memiliki pengalaman selama 15 tahun dalam berbagai proyek baik itu proyek strategis nasional hingga proyek swasta. Seiring perjalanan usaha dan perkembangan pembangunan, perseroan mengembangkan sub bisnis untuk menunjang pembangunan Nasional dengan optimalisasipeluang usaha dengan mengakuisisi PT Bumi Prima Konstruksi (bergerak dalam bidang persewaan alat berat, Konstruksi Bangunan Sipil Jembatan, Jalan Layang, Fly Over, dan Underpass) dan PT Manyar Perkasa Mandiri (bergerak dalam bidang Industri Batching Plant) sehingga perputaran usaha menjadi dari hulu sampai ke hilir.

2. PT Manggung Polahraya Tbk (MANG)

PT Manggung Polahraya Tbk berdiri sejak 1992 dengan kegiatan usaha awal Perseroan meliputi Jasa Konstruksi dan Pengadaan, selanjutnya hingga saat prospektus ini diterbitkan Perseroan telah bertumbuh dan melakukan usaha utama dalam bidang Jasa Konstruksi Gedung, Pembangunan Infrastruktur Jalan, serta Fasilitas Produksi Aspal Hot Mix dan Beton Ready Mix.

Dengan pengalaman selama kurang lebih 30 tahun di bidang Jasa Konstruksi, Perseroan telah mengerjakan berbagai jenis proyek strategis yang bervariasi baik berasal dari proyek pemerintah atau Badan Usaha milik Negara/Daerah maupun dari swasta yang mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan sehingga dapat bertahan serta berkembang menjadi lebih baik. Sejak berdiri, Perseroan telah menjalankan dan menyelesaikan berbagai pekerjaan antara lain namun tidak terbatas pada Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bangunan Gedung BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah, Proyek Renovasi Menara Siger Bakauheni Lampung, Proyek Pembuatan Reservoir Tank Bandara Kualanamu, dan Proyek-proyek lainnya.

Perseroan memiliki pabrik beton (batching plant) untuk memproduksi beton ready mix untuk berbagai tingkatan mutu dan pabrik aspal (Aspal Mixing Plant/AMP) untuk memproduksi aspal hot mix dengan jangkauan pemasaran yang mencakup beberapa Kotamadya/Kabupaten di sekitar Bandar Lampung.

3. PT Citra Nusantara Gemilang Tbk (CGAS)

Perseroan dikenal sebagai perusahaan pelopor yang memfokuskan pada pengembangan gas alam terkompresi (Compressed Natural Gas/CNG) di Indonesia melalui kegiatan usaha perdagangan dan distribusi gas alam yang menggunakan moda transportasi ke daerah-daerah yang belum terjangkau oleh jaringan pipa gas dengan tekanan gas yang stabil dan aman. Gas alam ini digunakan untuk keperluan industri, transportasi, perumahan, dan pembangkit listrik swasta yang menggunakan gas sebagai sumber energinya. Pemasaran dilakukan secara B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Consumer), menargetkan sektor industri, transportasi dan juga melayani jasa konsultasi terkait operasional dan perawatan peralatan gas alam.

Perseroan merupakan induk dari beberapa anak perusahaan, yaitu PT Citra Nusantara Energi (CNE), PT CNG Hilir Raya (CHR), PT CNG Global (CNGlobal), dan PT Cipta Rizqi Energi (CRE). Kegiatan distributor dan perdagangan gas alam terkompresi juga dijalankan oleh CNE dan CHR. CRE yang berkolaborasi dengan BUMD Sindangkasih Multi Usaha, bergerak dalam distribusi gas alam dan turunannya, serta pembangunan infrastruktur pendukung seperti Natural Gas Treatment. Sementara itu, CNGlobal menyediakan jasa perlengkapan dan konstruksi gas, yang mendukung kegiatan perdagangan dan distribusi dengan layanan terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Jaringan distribusi Perseroan dan anak perusahaan telah menjangkau berbagai daerah di wilayah Indonesia yakni Palembang (Sumatera Selatan), Cikarang (Jawa Barat), Grobogan (Jawa Tengah) dan Sidoarjo (Jawa Timur). Dengan rencana strategis untuk berkembang, Perseroan akan memperluas cakupan layanannya dengan mengarahkan pengembangan bisnis ke arah perdagangan dan distribusi Liquefied Natural Gas (LNG), selain CNG.

4. PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk (SMLE)

Perseroan merupakan salah satu perusahaan yang menawarkan solusi satu atap untuk industri makanan & minuman, perawatan diri (personal care), dan bahan kimia industri di Indonesia.

Perseroan bergerak dalam bidang perdagangan bahan kimia khusus untuk bahan baku makanan & minuman, bahan baku perawatan diri, dan bahan baku kimia industri. Selain itu, Perseroan juga melakukan formulasi bahan-bahan kimia tersebut yang khusus ditujukan kepada pelanggannya.

Perseroan menyediakan rangkaian lengkap produk-produk berkualitas seperti oleoresin, ekstrak, flavor, dehydrated product, pengawet, pewarna makanan, anti-oksidan, pengemulsi, nutraceuticals, natural oil, filter UV, rheology modifier, asam lemak, texturizer, dan bahan fungsional dan material aktif lainnya.

Produk-produk Perseroan telah digunakan di berbagai aplikasi industri, mulai dari pengolahan makanan laut & daging, produk konfeksioneri, minuman, bumbu, toiletries, kesehatan, suplemen, hingga personal care dan kosmetik exclusive.

Perseroan menghasilkan pendapatan melalui penjualan bahan kimia khusus untuk bahan baku makanan, perawatan diri (personal care), dan kimia industri kepada pelanggannya, dengan distribusi modelnya mencakup aktivitas tambahan yang memiliki nilai tambah seperti keahlian tenaga R&D dalam memformulasikan formula, tim penjualan dengan kemampuan teknis dan handal, layanan pelanggan dan dukungan teknis yang prima dan produk berkualitas dengan harga yang kompetitif meningkatkan net profit margin Perseroan. Harga untuk produk yang dijual Perseroan kepada pelanggannya sebagian didasarkan pada nilai tambah.

Model perdagangan Perseroan menyediakan platform penjualan melalui kanal pemasaran seperti Instagram, YouTube, LinkedIn, atau website langsung Perseroan untuk membantu penjualan dari Perseroan secara langsung (metode direct selling), pemasaran dan pengembangan formulasi dan persediaan stok yang lengkap guna pengiriman yang tepat waktu. Dengan menawarkan model perdagangan seperti ini memberikan nilai tambah dengan inovasi dan layanan teknis membedakan Perseroan dengan kompetitornya saat ini.

5. PT Samcro Hyosung Adilestari Tbk (ACRO)

Perseroan bergerak dalam bidang industri dan perdagangan yang memproduksi berbagai macam produk berupa perekat Hook dan Loop/Magic Tape atau Pita Pengait rekat dan webbing tape. Hook dan Loop merupakanalternatif pengganti kancing dan resleting. Hook dan Loop yang nyaman dan mudah diaplikasikan untuk berbagai jenis produksi antara lain adalah manufaktur boneka, pakaian, alas kaki, peralatan olahraga, alat kesehatan, kemasan, konstruksi, aksesories, otomotif dan alat tulis dengan sistem yang ramah lingkungan dan aman serta mengurangi limbah di lokasi pabrik sekaligus efisiensi waktu pemasangan dan kebutuhan alat membuat proses manufaktur dilakukan lebih cepat dan lebih terjangkau.

6. PT Adhi Kartiko Pratama Tbk (NICE)

PT Adhi Kartiko Pratama Tbk (NICE) didirikan pada tahun 2008, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan bijih nikel melalui kegiatan eksplorasi melalui proyek nikel laterit yang merupakan kontributor utama dalam industri bijih nikel global. Tambang Perseroan terletak di Desa Lameruru, Kecamatan Langgikima, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Indonesia, 180 km sebelah barat laut Kabupaten Kendari, lokasi yang dengan sumber daya nikel melimpah dan lokasi ekstraksi nikel yang paling signiikan. Tambang Perseroan memiliki luas area konsesi sebesar 1.975 hektar (Ha) dimana kepemilikan dan pengoperasian tambang dilakukan secara 100%.

Lokasi tambang Perseroan memiliki posisi strategis dalam hal memberikan beberapa keuntungan bagi pelaksanaan operasi penambangan Perseroan. Mayoritas lokasi tambang, termasuk tambang milik Perseroan, berada dekat dengan pantai, yang memungkinkan pengangkutan sumber daya dalam jarak yang relatif dekat. Lokasi tambang Perseroan hanya berjarak 600 meter dari dermaga, yang menegaskan komitmen Perseroan untuk efisiensi operasional. Selain itu, tambang Perseroan mudah diakses dari pusat kota Kendari, dengan jarak tempuh sekitar lima jam dari kota ke lokasi tambang. Aksesibilitas ini menekankan kemudahan dan efisiensi operasional Perseroan.

Perseroan berkomitmen untuk menyediakan bijih nikel berkualitas tinggi bagi pelanggan Perseroan. Dengan berfokus pada keberlanjutan, keselamatan, dan inovasi, Perseroan berupaya menjadi perusahaan yang bertanggung jawab dan memberikan dampak positif pada masyarakat di wilayah Perseroan beroperasi. Perseroan percaya bahwa kesuksesan yang diraih adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi karyawan, dan Perseroan bangga dengan komitmen terhadap standar keselamatan tertinggi. Operasi Perseroan dijalankan sesuai dengan peraturan yang ketat, menciptakan lingkungan kerja yang aman, bermanfaat, dan memuaskan, serta memupuk budaya inovasi dan kolaborasi yang memungkinkan Perseroan tetap menjadi yang terdepan dalam industri. https://tipatkaiganteng.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*